Kelompok Keahlian

Teknik Elektro adalah disiplin teknik yang berkaitan dengan studi, desain dan aplikasi peralatan, perangkat dan sistem yang menggunakan listrik, elektronik, dan elektromagnetik.

  1. TEKNIK TENAGA LISTRIK
    Berkaitan dengan pembangkitan, transmisi, dan distribusi listrik serta desain berbagai perangkat terkait. termasuk transformator, generator listrik, motor listrik, teknik tegangan tinggi, dan elektronika daya.
  2. TEKNIK TELEKOMUNIKASI
    Berfokus pada transmisi informasi melalui saluran komunikasi seperti kabel coax, serat optik, atau ruang kosong.
  3. TEKNIK ELEKTRONIKA
    Melibatkan desain dan pengujian rangkaian elektronik yang menggunakan sifat komponen seperti resistor, kapasitor, induktor, dioda, dan transistor untuk mencapai fungsi tertentu.
  4. TEKNIK KENDALI DAN KOMPUTER
    Teknik Kendali berfokus pada pemodelan beragam sistem dinamis dan desain pengontrol yang akan menyebabkan sistem ini berperilaku sesuai keinginan. Untuk menerapkan pengontrol seperti itu, teknisi kelistrikan dapat menggunakan sirkuit elektronik, prosesor sinyal digital, mikrokontroler, dan pengontrol logika terprogram (PLC).

    Teknik komputer berkaitan dengan desain komputer dan sistem komputer. Ini mungkin melibatkan desain perangkat keras baru, desain PDA, tablet, dan superkomputer, atau penggunaan komputer untuk mengontrol pabrik industry serta  perangkat lunak sistem.